Selasa, 22 September 2020

7 Cara Mudah Menghilangkan Ketombe Secara Alami

 

7 Cara Mudah Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Ketombe merupakan salah satu masalah kulit kepala yang cukup mengganggu. Selain membuat tidak nyaman karena sering disertai rasa gatal, serpihan putih ketombe dari rambut juga mengganggu penampilan. Ketombe ringan dapat dibersihkan dengan mencuci rambut secara teratur untuk mengurangi penumpukan minyak di kulit kepala. Prediksi Hongkong

Namun, jika perawatan harian ini tidak efektif menghilangkan ketombe, Anda bisa mencoba bahan alami yang sebagian sudah tersedia di dapur. Melansir berbagai sumber, beberapa ramuan alami berkhasiat mengatasi ketombe. Berikut beberapa di antaranya:

1. Lemon

Jus lemon mengandung asam yang membantu melawan jamur penyebab ketombe. Untuk mendapatkan khasiatnya, peras dua sendok makan lemon. Kemudian oleskan ke kulit kepala yang berketombe. Biarkan selama satu menit. Selanjutnya, campur satu sendok makan jus lemon dan satu gelas air. Gunakan untuk membilas rambut Anda. Ulangi penggunaan jus lemon setiap hari hingga kondisi kulit kepala membaik.

2. Minyak kelapa

Bahan aktif minyak kelapa membantu kulit kepala tetap lembap, mengurangi iritasi, dan mencegah tumbuhnya jamur di kulit kepala. Studi lain menyatakan, minyak kelapa murni yang dioleskan langsung ke kulit kepala bisa meredakan peradangan. Dari uji klinis, minyak kelapa mampu meredakan gejala dermatitis atopik dan gangguan kulit kepala kering dari 68,23 persen responden.

3. Lidah buaya

Zat aktif antibakteri dan antijamur pada lidah buaya bermanfaat untuk mengatasi ketombe. Lidah buaya juga dapat mengurangi peradangan dan mengontrol infeksi yang menyebabkan rambut rontok. Lidah buaya bisa dioleskan ke kulit kepala rambut yang berketombe. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan gel berbahan dasar lidah buaya yang praktis.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel dipercaya dapat menyeimbangkan pH kulit. Ini berguna untuk mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Kandungan asam dalam cuka sari apel juga dipercaya dapat membantu merangsang keluarnya sel kulit mati di kulit kepala. Untuk mendapatkan manfaat dari cuka sari apel, tambahkan beberapa sendok makan cuka sari apel ke dalam sampo Anda. Anda juga bisa menggabungkan cuka sari apel dengan minyak esensial. Semprotkan langsung ke rambut. Tunggu sebentar. Lalu bilas sampai bersih.

5. Soda kue

Soda kue adalah exfoliant yang lembut. Zat ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati di kulit kepala dan mengurangi rasa gatal akibat ketombe. Bahan dapur ini juga memiliki khasiat antijamur untuk mengobati kembali ketombe. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa soda kue dapat mengurangi rasa gatal dan iritasi dalam waktu tiga minggu. Untuk hasil terbaik, oleskan soda kue langsung ke rambut yang lembap dan pijat lembut kulit kepala Anda. Biarkan selama satu atau dua menit. Bilas saja rambut Anda dengan keramas seperti biasa.

6. Minyak serai

Minyak serai memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi gejala ketombe. Menurut temuan studi tahun 2015, tonik rambut yang mengandung 10 persen minyak serai dapat mengurangi ketombe hingga 81 persen setelah dua minggu. Seperti minyak pohon teh, minyak serai dapat menyebabkan iritasi atau alergi bila dioleskan langsung ke kulit. Untuk amannya, kita bisa mengencerkan minyak serai dengan air atau mencampurkan beberapa tetes ke dalam sampo atau kondisioner.

7. Teh hijau

Teh hijau memiliki khasiat antimikroba yang dapat membantu mengusir jamur penyebab ketombe. Selain itu, antioksidan dalam teh hijau juga bermanfaat untuk melembabkan kulit kepala agar rambut tidak mudah berketombe. Gunakan teh hijau bersama dengan minyak esensial peppermint untuk hasil yang maksimal. Semprotkan campuran tersebut ke rambut Anda. Tunggu beberapa saat. Bilas saja sampai bersih. Daftar Bandar Togel Online Terpercaya

0 komentar:

Posting Komentar